THE RELATIONSHIP OF PATTERNS OF COMMUNICATION WITH PARENTS' TEMPERTANTRUM PRE-SCHOOL AGE CHILDREN IN KINDERGARTEN RAUDHATUL ATHFAL AL-AMANAH PADALARANG

Tina Shinta Parulian

Abstract


The study was backed by the results of a preliminary study of the interview by 11 parents (biological mother) at the Raudhatul Athfal Al-Amanah obtained that almost the entire mother says the child is experiencing controlled emotions, emotions increased when the wishes of the child are not met and the response of the mother against child, 4 people discussing over the wishes of the child, 3 3 prohibits people grant. Research objective the communication patterns of relationship parents with temper tantrum children at the Raudhatul Athfal Al-Amanah. Temper tantrum is uncontrolled children’s emotions. The research method used is descriptive quantitative approach of cross sectional. Using frequency distribution test and test chi square. The number of samples of 85 respondents with sampling is saturated. Research results is no relation of communication patterns of parents (democratic, authoritarian, permissive) with a temper tantrum pre-school aged children at the Raudhatul Athfal Al-Amanah with p-value 0.452 authoritarian communication patterns, p-value 0.199 democratic communication pattern and p-value 1.000 permissive communication patterns. Researchers recommend that parents apply proper communication in accordance with the conditions of the child that is being consistent and firm but still be warm.


Keywords


communications, temper tantrum, pre school

Full Text:

PDF

References


Auliah. 2014. Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Kuncup Mekar Tegal Mulyo Yogyakarta, dalam http://opac.unisayogya.ac.id/287/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdfdiperoleh tanggal 30 Januari 2017 pukul 22.00 WIB

Elsevier. 2010.Temper Tantrums in Healthy Versus Depressed and Distruptive Preschoolers: Defining Tantrum Behaviors Associated with Clinical Problems, dalam https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2211733/, diperoleh 2 Oktoberpukul 20.21 WIB

Hartini, Sri &Haris, Hermawan.2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Faktor Lingkungan dengan Kejadian Temper Tantrum Usia Pra Sekolah di RA Darul Falah Ngembalrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus, dalam http://download.portalgaruda.org di peroleh tanggal 23 September 2016 pukul 20.33 WIB

Hatuwe, Nur Qomariah.2013.Pola Komunikasi Keluarga dalam Mencegah Kenakalan Remaja, dalam http://www.e-jurnal.com/2014/05/pola-komunikasi-keluarga-dalam-mencegah.html, diperoleh pada 20 September 2016 pukul 17.45 WIB

Ismail.2014.Hubungan PolaAsuh Orang Tua Dengan Kejadian Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMP III Bawen Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, dalam http://perpusnwu.web.id/karyailmiah/documents/3543.pdf, diperoleh pada 30 Januari 2017 pukul 17.00 WIB

Kirana, Rizkia Sekar.2013.Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum Anak Usia Pra Sekolah, dalam http://lib.unnes.ac.id/18549/1/1550408060.pdf, diperoleh 21 Juli 2016 pukul 14.36 WIB

L. Wong, dkk, 2009.Buku Ajar Keperawatan Pediatrik, vol. 1. Jakarta : EGC

Nurhayati, 2016.Hubungan PolaAsuh Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Aba Candi Pakem Sleman, dalam http://opac.unisayogya.ac.id/1974/1/naskah%20publikasi%20.pdf, diperoleh tanggal 29 Januari 2017, pukul 21.00 WIB

Priyoto,2015. Komunikasi & Sikap empati dalam Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rosa,dkk.2017.Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islamic Center Manado, dalam e-journal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/14694, diperoleh pada tanggal 31 Januari 2017

Santrock.2007.Perkembangan Anak Jilid II .Jakarta:EGC

Soetjiningsih, 2014. Tumbuh Kembang Anak; edisi 2.Jakarta: EGC

Syam, Subhan.2013. Pola Komunikasi antar pribadi dalam pengasuhan anak, dalam http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/345/204, diperoleh tanggal 23 Oktober 2016 pukul 08.05 WIB

Sugiyono,2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani,2006. Komunikasi Terapeutik Teori & Praktek. Jakarta: EGC

Suwanti, 2016.Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun), dalam http://jurnalonline.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jkk/article/view/38, diperoleh pada tanggal 20 Januari 2017 pada pukul 17.00 WIB

Syamsudin.2013.Mengenal Perilaku Tantrum dan Bagaimana Cara Mengatasinya, dalam http://puslit.kemsos.go.id/upload/post/files/329e65f230f74b3a36cc76653a245f18.pdf, diperoleh tanggal 9 Juni 2016 pukul 21.40 WIB

Widiana, A, A. dkk. 2012. Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada remaja, dalam (http://setiabudi.ac.id/jurnalpsikologi/images/JURNAL%202.pdf, diperoleh 31 Januari 2017 jam 17.00 WIB

Wiyani, Novan Ardy.2014.Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Jakarta: AR-Ruzz Media Mulia

Wulandari, Agustina.2013. Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu dalam Mengatasi Tantrum pada Anak Usia Pra Sekolah, dalam http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20334085T32535Agustina%20Wulandari.pdf diperoleh tanggal 15 Juni 2016 pukul 15.21 WIB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Secretary Office :

STIKep PPNI Jawa Barat (Intitute of Nursing Science PPNI West Java)

Ahmad street 4th No. 32 Cicendo, Bandung 40173

West Java - Indonesia

Phone.: +62 22 6121914

Email: info@icdmic.org

Website: icdmic2017.org